jurnalharian
543511802334050
Loading...

Tahap Perkembangan Anak

Tahap perkembangan umum seorang anak: Sebelum 12 bulan Orang tua sebaiknya mengamati anaknya apakah ia dapat menggunakan suaranya untuk b...

Tahap perkembangan umum seorang anak:
Sebelum 12 bulan
Orang tua sebaiknya mengamati anaknya apakah ia dapat menggunakan suaranya untuk berhubungan dengan lingkungannya. Pada usia ini, anak umumnya tertarik dengan suara-suara. Seorang bayi yang hanya melihat dengan penuh perhatian tetapi tidak memberikan respons pada suara menunjukkan adanya gangguan pendengaran.
Usia 12 sampai 15 bulan
Anak pada usia ini mulai menunjukkan kemampuan berbicaranya dengan mulai menggumamkan suara-suara dan mengucapkan satu atau dua patah kata dengan jelas. Biasanya kata-kata awalnya berupa kata benda. Anak usia ini juga sudah mulai dapat memahami dan menuruti perintah sederhana dari anda seperti "ambilkan mainan".
Usia 18 sampai 24 bulan
Anak usia ini mempunyai sekitar 50 kata dalam perbendaharaan katanya dan saat ia mulai mencapai usia 2 tahun akan mulai dapat menyusun kata-kata, seperti "kakak tidur" atau "anjing lompat". Pada usia ini, anak mulai dapat mengerti tentang konsep, seprti konsep ruang yaitu di luar, di dalam, di samping, dan sebagainya.
Usia 2 sampai 3 tahun
Umumnya anak usia ini mengalami perkembangan pesat dalam kemampuan berbicaranya. Perbendaharaan katanya sangat meningkat dan ia mulai dapat menyusun kalimat dengan 3 atau lebih kata-kata. Kemampuan pemahaman seorang anak juga akan meningkat, ia akan mulai mengerti perintah seperti "letakkan di atas meja" atau "letakkan di bawah tempat tidur". Ia juga mulai mengerti konsep deskriptif seperti besar dan kecil dan indentifikasi warna.
Reaksi: 
orang tua dan anak 6449882940477583294

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Arsip Blog

Feed Berlangganan

Posting Populer

Random Posting